Sistem Informasi Perpustakaan

(SIMPERPUS) berbasis Web yang kami rancang, telah support Barcode Reader/Scanner sehingga dapat mempercepat pengelolaan database dan transaksi perpustakaan. SIM Perpustakaan ini dapat digunakan di berbagai macam Instansi, baik itu di lingkungan Pemerintahan Daerah, Perguruan Tinggi maupun Sekolah. Sistem Informasi Perpustakaan PT. Air Media Persada telah beberapa kali mengantarkan klien kami menjuarai lomba perpustakaan hingga ke Tingkat Nasional.

SIM Perpustakaan ini terdiri dari beberapa modul yang saling terintegrasi, antara lain:

  1. Modul Data Induk Anggota
  2. Modul Data Induk Pustaka (Buku dan Inventaris)
  3. Modul Transaksi Pustaka
  4. Modul Pendataan Status Pustaka
  5. Modul Cetak (Kartu Anggota, Katalog, Barcode, dll.)
  6. Modul Konfigurasi Sistem dan Transaksi pustaka
  7. Modul Pelaporan dan Statistik Perpustakaan

Layanan yang kami berikan mencakup:

  • Updating Sistem Informasi Perpustakaan,
  • Konfigurasi Sistem sesuai Instansi klien (System Customization),
  • Migrasi Database – Ekspor/Impor Data Excel,
  • Instalasi Server dan Sistem di Jaringan Intranet/Internet,
  • Pelatihan Admin/Operator (disertai Buku Manual Penggunaan), serta
  • Garansi Sistem, Maintenance dan Layanan Pendampingan.

Sistem Informasi Perpustakaan ini dapat diakses melalui Jaringan Intranet atau Internet/Online, serta dapat di-integrasikan dengan sistem informasi lainnya. Contoh: Kampus dapat mengintegrasikan SIMPERPUS ini dengan Sistem Informasi Akademik, E-Learning, SMS Akademik, Sistem Informasi Aset dan sistem lainnya.

  1. Modul Data Induk Anggota
    • Manajemen Data Induk Anggota, meliputi: fitur pengelolaan Data Mahasiswa dan Dosen, atau Data Anggota dari Luar Instansi dilengkapi dengan pengaturan Klasifikasi dan Status Anggota. Fasilitas add/edit/delete tersedia pada data induk ini, dan di-support dengan Barcode Reader/Scanner untuk mempercepat operasionalisasi ke depannya.
  2. Modul Data Induk Pustaka
    • Manajemen Data Induk Buku dan Inventaris, meliputi: fitur pengelolaan Data Buku hingga Data Inventaris. Informasi detil setiap buku/inventaris seperti: Judul Buku, Tajuk/Subyek, Penulis, Penerbit, Kategori/Kelompok Buku hingga setting status untuk data Inventaris Buku (fisik), seperti Nomor Inventaris, Tanggal Inventaris dan Asal Buku.
  3. Modul Transaksi Pustaka
    • Transaksi Buku dengan Barcode Scanner/Reader. Dukungan fasilitas Barcode Reader akan dirasakan manfaatnya saat proses transaksi pustaka. Kegiatan peminjaman, pengembalian, perpanjangan hingga pendataan status buku rusak/hilang serta jumlah denda, dapat menjadi lebih cepat dan akurat dengan fasilitas barcode tersebut.
  4. Modul Cetak
    • Cetak Kartu Anggota Perpustakaan/Katalog/Barcode. Selain fasilitas cetak kartu-kartu tersebut, juga terdapat menu cetak untuk semua laporan yang terdapat dalam Sistem Informasi Perpustakaan ini.
  5. Modul Konfigurasi Transaksi dan Sistem
    • Konfigurasi Transaksi dan Konfigurasi Sistem, meliputi: konfigurasi data umum perpustakaan dan data transaksi (jml maks. buku dipinjam, lama peminjaman, denda, maks. perpanjangan, masa berlaku kartu anggota, setting hari libur, hingga konfigurasi dashboard pengumuman pada halaman index SIMPERPUS). Juga terdapat konfigurasi User/Group User dan Hak Akses User.
  6. Modul Pelaporan dan Statistik
    • Laporan Anggota Berdasar Jurusan
    • Laporan Anggota Berdasar Tanggal Mendaftar
    • Laporan Buku Berdasar Jurusan
    • Laporan Inventaris Buku
    • Laporan Peminjaman Per Periode
    • Laporan Peminjaman Berdasar No. Mhs
    • Laporan Pengembalian Per Periode
    • Laporan Buku Yang Belum Dikembalikan
    • Laporan Denda Per Periode
    • Laporan Buku Hilang/Rusak, dll.
Spesifikasi Teknis Sistem Informasi Perpustakaan
  • Platform:Web Based (Open Source)
  • Web Server:Apache2
  • Pemrograman:PHP5
  • DBMS:MySQL
  • OS Server:Linux (Ubuntu/Mint/Open Suse/etc.) atau Windows Server
  • Pendukung:Code Igniter Framework, AJAX, jQuery, XML, CSS
Apa yang harus disiapkan?

Dari pengalaman kami selama bertahun-tahun dalam menangani klien, ada beberapa saran yang dapat kami berikan demi mendukung efektifitas dan efisiensi implementasi Sistem Informasi Perpustakaan ini, antara lain:

  • Hardware Requirements:Anda tidak perlu menyediakan/membeli Server dengan spesifikasi tinggi dan mahal, karena sistem kami pada dasarnya dapat berjalan pada PC biasa. Spesifikasi Server cukup disesuaikan dengan kebutuhan klien.
  • Software Requirements:Tidak Ada, karena Platform SIMPERPUS kami bersifat Open Source. Software pendukung yang dibutuhkan sudah kami siapkan. Instalasi dan Konfigurasi Operating System / Scripting Language / DBMS Server pada Server sudah termasuk paket pekerjaan kami.
  • Hosting atau Dedicated Server (Static IP Address):Klien yang sudah memiliki website, dapat memilih untuk ‘meletakkan’ sistem nya ke dalam hosting mereka, atau jika klien telah mempunyai server sendiri, maka sistem dapat diletakkan pada server tersebut. Hosting atau Dedicated Server ini akan memudahkan kami dalam maintenance sistem secara ‘remote’, sehingga jarak antara kami dengan klien tidak lagi menjadi penghambat dalam maintenance dan updating sistem. (note: Klien yang telah mempunyai Server sendiri, dapat meminta IP Static ke provider – contoh: bagi yang menggunakan koneksi internet Speedy, rata2 sudah mendapatkan gratis 1 IP Static, Anda dapat meminta ke pihak Telkom Speedy, atau Anda dapat membelinya dengan harga yang murah). Contoh URL Sistem dapat diakses melalui: domainnameklien.ac.id atausimperpus.ipaddressklien.ac.id.
  • Person In Charge (PIC):Klien diharapkan memiliki PIC sehingga kami mempunyai jalur komunikasi yang cepat dan jelas, demi kelancaran dan suksesnya implementasi sistem ini.
  • Administrator & Operator Sistem:Klien diharapkan menunjuk (pada awal implementasi) Administrator dan Operator Sistem. Kami akan lebih banyak berkomunikasi dengan mereka dalam hal penyesuaian business process sistem hingga pada saat Pelatihan & Maintenance Sistem.
Summary Sistem Informasi Perpustakaan

Sistem Informasi Perpustakaan berbasis Web – PT. Air Media Persada telah digunakan oleh banyak Instansi, khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi, Sekolah dan Pemerintahan Daerah, sehingga SIMPERPUS yang support Barcode Reader ini bersifat Generik (dapat diaplikasikan dengan mudah mengikuti jenis dan business process setiap klien).
Layanan ‘After Sales’ adalah salah satu fokus kami, karena implementasi sistem bukan hanya berfokus pada awal pekerjaan (instalasi), akan tetapi juga membutuhkan Pendampingan dan Maintenance agar sistem tersebut benar-benar dapat digunakan dan sesuai dengan kebutuhan Klien.

http://www.airmediapersada.com/sistem-informasi-perpustakaan.html

Advertisements